Jogja: Warung Phuket Jogja


Buat masalah masakan Thailand, silahkan coba Phuket. Sejauh ini kalau menurut saya masih leading dalam masakan Thailand di Jogja. Phuket ada dimana-mana, jadi silahkan pilih yang paling sesuai dengan lokasi. Ada di tamsis, kentungan, demangan, godean, lempuyangan. Kalau menurut saya yang paling enak di kentungan, walaupun satu nama tetep aja tangan kokinya kan beda-beda, hehe. Apalagi pernah dapet pengalaman buruk juga makan di Phuket Demangan dapet tomyum terlalu asem dari biasanya, malah pegawainya ngeles bilang bahwa tomyam memang asam dan sudah ada standar resep mereka memasak. Kecewa berat, karena Phuket Demangan mengasumsikan saya belum pernah ke warung phuket dan belum pernah makan tomyum seumur hidup sehingga tidak tahu rasa tomyum (yang standar warung phuket).


Skip pengalaman buruknya lanjut ke bagian enaknya. Favorit saya selalu tomyum seafood. Isinya ada udang, cumi, kerang, bakso ikan, dan jamur. Harganya 32rb, cukup buat berdua, disajikan dengan tungku sehingga selalu hangat. Jangan lupa pesan nasi putih tapi, harganya 3500. Makanan di warung phuket berkisar dari 7-20rban.


Kalau minumannya, thai coffee dan thai tea ada. Tapi berhubung banyak kedai minuman yang bisa menyajikannya, saya sarankan kalau ke warung phuket jangan melewatkan es kratingdaeng lychee (12rb). Bukan, ini bukan kratingdaeng botolan rasa leci, tapi kratingdaeng yang dicampur buah leci dan susu. Rasanya jadi lembut mirip yoghurt tapi efek kratingdaengnya juga ada, bikin melek. Oh ya, info tambahan sedikit, kalau ada yang suka es krim Korea Binggrae, bisa didapetin di Warung Phuket Godean.

Komentar