Jogja: Warung Naskuter


Oho Koa? (Mau Makan Apa?) Begitu tulisan di cover menu warung naskuter. Begitu buka halaman selanjutnya, kami hanya bisa terpana. Banyak sekali ternyata makanan yang menarik dari Ternate, hingga kami bingung mau coba yang mana. Setelah berdiskusi akhirnya kami memilih beberapa menu yang memang menjadi andalan dan tidak ada di warung makan yang lain. Sambil menunggu makanan datang mata kami melirik poster-poster pemandangan Ternate yang dipajang di sekeliling dinding restoran.


Yang pertama adalah nasi kuning ikan kayu. Yup naskuter merupakan singkatan dari Nasi Kuning Ternate yaitu menu yang menjadi andalannya. Ikan yang digunakan adalah cakalang yang di masakering. Disajikan pula dengan potongan timun, kentang dan mie. Tekstur nasi kuningnya mantap sekali, pulen, wangi juga. Rasa ikannya, gurih pedas. Tapi bukan gurih pedas seperti biasa, ada rasa lain yang saya tidak mampu mendeskripsikannya. Wajib coba kalau ke sini.


Selanjutnya ada es brenebon. Yaitu es kacang merah dengan susu coklat dan sirup pisang susu. Rasanya manis sekali gabungan susu dan sirup, yum! Segar.


Terakhir kami pesan paket air guraka. Air guraka merupakan air jahe dengan gula, bisa juga ditambahkan dengan susu agar lebih manis dan teksturnya lebih tebal. Biasanya air guraka disajikan dengan panganan ringan seperti kacang asin dan pisang mulubebe yang dicocol ke sambal dabu-dabu. Apakah terasa aneh? tidak! justru enak sekali. Sambalnya sangat berminyak dan pedas hanya pas apabila diredam pisang. Saya sudah coba iseng masukkan sambalnya ke nasi kuning, ternyata tidak pas. Memang enaknya buat pisang.

Senang sekali rasanya bisa mencoba masakan dari Ternate. Kuliner Indonesia yang sangat beragam memang harus kita yang mencoba dan melestarikan. Seharusnya semua provinsi punya warung makan seperti ini, agar kita bisa saling coba dan menikmati perbedaan. 

-----------------------------------------------------

Warung Naskuter

Jalan Prof Dr Sardjito 11

Nasi Kuning Ikan 11rb
Paket Air Guraka Ngade 13rb
Es Kacang Brenebon 9rb




Komentar