Jogja: Warung Gagego Kuliner Khas Pati


Kuliner Indonesia tidak pernah berhenti membuat saya tertarik. Tidak mesti melihat ke provinsi yang jauh, yang dekat di Jawa Tengah saja saya masih banyak yang belum tahu kuliner khasnya. Contohnya adalah kota Pati. Saya belum pernah kesana, belum pernah pula mencicipi kulinernya. Ketika tahu ada warung khas Pati buka di dekat Bank Mandiri UGM yaudah deh cussss.


Pertama saya coba nasi gandul. Wah, makanan ini bagi saya mirip dengan nasi becek Nganjuk. Nasi dengan kuah dicampur dengan rasa kuahnya yang gurih manis. Perbedaannya kalau nasi becek seperti gabungan soto dan sate, di nasi gandul daging dan jeroannya tidak diberi bumbu sate. Jadi rasa manis muncul dari kuah. Unsur bawang goreng membuat nasi gandul menjadi wangi dan makin gurih. 


Lalu menu yang kedua adalah petis kikil. Petisnya tidak berbau, namun juga kurang dominan. Berkuah cair dominan rasa merica, sehingga nikmat jika ingin menu yang menghangatkan. Biasanya petis banyak untuk menu menu Jawa Timur, ternyata ada juga untuk menu Jawa Tengah. Menarik ini, jadi ilmu baru lagi. :) 


Warung Gagego

Sebelah Selatan Bank Mandiri KCP UGM Jakal
(Buka Malam)

Nasi Gandul: 11rb
Petis Kikil: 8rb

Komentar

Posting Komentar